Belajar


PENGERTIAN BELAJAR
  • Bentuk pertumbuhan atau perubahan dlm diri seseorang yg dinyatakan dlm cara-cara berperilaku baru berkat pengalaman & latihan (Oemar Hamalik, 1983)
  • Belajar adlh setiap perubahan yg relatif menetap dlm tingkah laku yg terjadi sbg hasil dari latihan/pengalaman (Morgan)
  • Belajar adlh proses penyesuaian tingkah laku ke arah yg le bih maju (E. Skiner).
  • Belajar adlh perubahan pd perbuatan sbg akibat dari latihan (Mc. Gooch).
  • Belajar adlh pross dimana tingkah laku  (dlm arti luas) ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan (Kingsley).
CIRI-CIRI BELAJAR
  • Perubahan yg terjadi secara sadar à mis: sadar pengetahuannya bertambah
  • Perubahan dlm belajar bersifat fungsional à anak belajar menulis
  • Perubahan dlm belajar bersifat positif & aktif à makin banyak belajar, makin baik perubahan yg diperoleh; aktif à perubahan diperoleh krn usaha individu
  • Perubahan dlm belajar bersifat menetap à mis: kecakapan bermain piano tdk akan hilang begitu saja.
  • Perubahan dlm belajar bertujuan & t’arah àmis: belajar komputer.
  • Perubahan mencakup seluruh aspek tingkah laku à hsl belajar menyeluruh (kebiasaan, keterampilan, pengetahuan, dsb) à mis: anak tlh belajar naik sepeda.
Aktivitas Belajar:
  • Mendengarkan
  • Memandang
  • Meraba, membau, mencicipi/mengecap
  • Menulis/mencatat
  • Membaca
  • Membuat ringkasan & menggarisbawahi
  • Mengamati tabel-tabel, diagram, bagan.
  • Menyusun paper/kertas kerja
  • Mengingat
  • Berpikir
  • Latihan atau praktek
Prinsip-Prinsip Belajar
  • Kematangan jasmani & rohani à masuk SD 6 th.
  • Memiliki kesiapan à fisik & mental
  • Memahami tujuan àmasuk STIKES , kemana arahnya/apa tujuannya?
  • Memiliki kesungguhan àkesungguhan unt melaksanakan, bukan asal melaksanakan.
  • Ulangan & latihan à ulangan m’bantu berfungsinya ingatan; latihan memecahkan masalah (matematika, proses kep).
  • Pembelajaran/belajar memerlukan partisipasi AKTIF à motivasi belajar akan meningkat jika pembelajar terlibat aktif.
FAKTOR YG MEMPENGARUHI BELAJAR
Faktor internal
  • kesehatan
  • intelegensi &  bakat
  • minat
  • motivasi
  • cara belajar (cara & teknik belajar)
Faktor eksternal
  • keluarga
  • sekolahan (fasilitas, metode mengajar, ABBM, ruangan, tatib)
  • lingkungan (bangunan, suasana, iklim)
  • masyarakat
  1. Tell me and I forget. Teach me and I remember. Involve me and I learn”
  2. Kita belajar (Vernon A Magnesen)
    • 10% dari apa yg kita baca
    • 20% dari apa yg kita dengar
    • 305 dari apa yg kita lihat
    • 50% dari apa yg kita lihat & dengar
    • 70% dari apa yg kita katakan
    • 90% dari apa yg kita katakan & lakukan.
  3. Setiap anak belajar dgn cara & kecepatan yg berbeda.
Prinsip-Prinsip Belajar (Notoadmodjo)
  • Prinsip 1.
    • Belajar adl suatu pengalaman yg terjadi dlm diri si p’belajar yg diaktifkan oleh individu itu sendiri.
    • Proses belajar dikontrol oleh si p’belajar & bukan oleh pengajar
  • Prinsip . : Belajar adl penemuan diri sendiri àkebutuhan & tujuan yg akan dicapai, ditentukan sendiri oleh p’belajar itu sendiri.
  • Prinsip 3 : Belajar adl suatu konsekuensi dari pengalaman à pembelajar perlu diberikan pengalaman
  • Prinsip 4 : Belajar adl proses kerja sama & kolaborasi à belajar kelompok/diskusi kelompok akan mempermudah proses belajar
  • Prinsip 5 : Belajar adl proses evolusi à perlu waktu & kesabaran
  • Prinsip 6 : Belajar kadang-kadang menyakitkan krn menghendaki perubahan kebiasaan yg menyenangkan/berharga
  • Prinsip 7 : Belajar adl proses emosional & intelektual à dipengaruhi keadaan individu secara keseluruhan
  • Prinsip 8 : Belajar bersifat individual & unik
CARA BELAJAR EFEKTIF(Suhadianto)
PENTINYNYA MEMILIKI SIKAP  DAN KEBIASAAN BELAJAR YG EFEKTIF & EFISIEN.
  • Efektif à belajar yg menyenangkan, terjadwal dgn baik, tdk memakan banyak waktu, hasil yg maksimal.
  • Efektif & efisien à keberhasilan, kesempurnaan.
  • Mengapa hrs terjadwal & menyenangkan?
    • Dlm bekerja otak kita juga dipengaruhi oleh kondisi fisik kita
    • Kondisi fisik capek à otak tdk dpt bekerja maksimal.
    • Kalau otak tdk bekerja maksimal à info yg kita terima tdk dpt disimpan dgn baik oleh ingatan kita.
    • Akibatnya à info yg pernah kita terima tdk dpt dipergunakan lagi saat kita membutuhkan.
  • APA SAJA YG HARUS KAMU PERHATIKAN DLM BELAJAR EFEKTIF?
Perhatikan dirimu
  1. Bgm emosimu? Emosi (+) à kekuatan otak >>> à keberhasilan à kehormatan
  2. Ciptakan minat dlm dirimu dgn: Apa manfaat bagi saya?
  3. Kinestetik à apakah kamu berfikir lbh baik ketika bergerak atau belajar; banyak menggerakkan anggota tubuh ketika berbicara; merasa sulit unt duduk diam?
  4. Bgm kemampuan belajarmu?
  5. Berapa lama waktu yg kamu butuhkan?
Perhatikan lingkungan
  • Pilih tempat yg nyaman
  • Gunakan musik
TANPA MUSIK
  •  denyut nadi & TD meningkat
  •  gelombang otak makin cepat
  •  otot jantung  menegang
  • SULIT KONSENTRASI
DENGAN MUSIK
  •  denyut nadi & TD menurun
  •  gelombang otak melambat
  •  otot-otot rileks
  • DPT KONSENTRASI
TEKNIK APA YG KAMU GUNAKAN?
  • MENCATAT BEBAS
  • PETA PIKIRAN
    • Teknik pemanfaatan keseluruhan otak unt m’bentuk kesan.
    • Otak kita seringkalai mengingat informasi dlm bentuk gambar, bentuk & suara.
    • Jadi ..... Teknik peta pikiran sangat efektif
  • YG PERLU DIPERHATIKAN LAGI
    • Lakukan senam otak seblm & sesdh belajar
    • Cari sumber belajar yg lain
    • Baca buku-buku lain yg menunjang.
    • Majalah, koran.
    • Ke perpustakaan
PENGATURAN JADWAL BELAJAR YG EFEKTIF
  • Pedoman:
    • Perhatikan waktumu
    • Bgm kamu menghabiskan waktumu?
    • Kapan kamu habiskan waktumu dgn sia-sia?
    • Kapan kamu dpt belajar dn baik?
RENCANA JADWAL BELAJAR EFEKTIF
  • Beri waktu yg cukup unt tidur, makan, kegiatan hiburan.
  • Prioritaskan tugas-tugas.
  • Luangkan waktu unt diskusi atau mengulang bahan seblm kelas.
  • Atur waktu unt mengulang langsung bahan pelajaran stlh kelas. Ingat à bahwa kemungkinan terbesar unt lupa terjadi dlm 24 jam tanpa review.
  • Jadwalkan waktu 50 mnt unt setiap sesi belajar.
  • Pilih tempat yg nyaman (tdk mengganggu konsentrasi) unt belajar.
  • Rencanakan juga “deadline”
  • Jadwalkan rencana belajar sebanyak mungkin pd waktu pagi/siang/sore hari.
  • Jadwalkan review bhn  pelajran mingguan
  • Hati-hati jangan smp diperbudak jadwal
 MEMBUAT RENCANA BEKAJAR EFEKTIF
Jawablah pertanyaan berikut sblm membuat rencana:
  • Apakah kamu suka membaca? Berceritera? Menghafal?
  • Kamu lbh suka belajar kelompok/sendiri?
  • Apakah kamu tahu teknik mencatat yg baik?
  • Kamu butuh banyak/sedikit waktu unt belajar?
  • Apakah kamu membaca sumber lain selain buku pelajaran?
  • Apa yg akan kamu lakukan sekarang?
  • Pd saat belajar, apakah kamu berhenti belajar unt meringkas?
  • Apakah kamu bertanya jika tdk mengerti?
  • Apakah kamu melakukan evaluasi?
  • Apakah kamu perlu mendiskusikan dgn teman?
  • Apakah kamu hrs m’percepat /m’perlambat ?
  • Apakah kamu mengandalkan 1 sumber?
  • Apakah kamu perlu mencari sumber lain?
  • Apakah pekerjaan kamu benar?
  • Apakah kamu bisa mengerjakan lbh baik?
  • Apakah kamu disiplin dgn diri sendiri?
BELAJAR YG EFEKTIF
  • Miliki persiapan ketika akan mengikuti perkuliahan à menyiapkan diri unt belajar.
  • Ketahui/pahami tujuan perkuliahan yg akan dilaksanakan à Lihat dr pokok bahasan/silabus
  • Bacalah materi dgn baik à mulai dr hal-hal yg menarik.
  • Tuliskan kembali kata kunci dr bacaan
  • Susun & buatlah pertanyaan yg tepat dan usahakan menemukan jawabannya
  • Pusatkan perhatian dgn sungguh-sungguh pd waktu belajar
  • Pelajari dgn teliti tabel, grafik, ilustrasi lain
  • Biasakan membuat rangkuman & kesimpulan
  • Buatlah kepastian unt melengkapi tugas- tugas belajar itu
  • Pelajari baik-baik pernyataan yg dikemukakan oleh pengarang, dan tantang lah jika diragukan kebenarannya
  • Telitilah pendpt beberapa pengarang
  • Belajarlah menggunakan kamus dgn baik
  • Analisalah kebiasaan belajar yg dilakukan & cobalah unt memperbaiki kelemahannya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.